-
12 Januari 2022 12:09 pm

Salah Kaprah Bakteri Starter untuk Kolam Koi

Salah Kaprah Bakteri Starter untuk Kolam Koi
Bactery Starter adalah mikroorganisme hidup yang berguna untuk mengurai nitrit menjadi nitrat dalam proses filterasi pada kolam Koi. Mikroorganisme ini juga populer disebut "bakteri‟ yang biasanya digunakan pada kolam baru untuk mempercepat proses 'maturity' atau kematangan filter biologi.

Keberadaan koloni bakteri sangat menguntungkan untuk mereduksi zat ammonia. Pada kolam baru, di dalam ruang filter belum terbentuk koloni bakteri. Koloni bakteri secara alami akan terbentuk dengan sendirinya, namun memerlukan waktu setidaknya selama 2 bulan. Untuk mempercepat tumbuhnya koloni bakteri, bisa ditambahkan Bactery Starter ini.

Seringkali terjadi salah kaprah terkait dengan penggunaan Bactery Starter antara lain :

1. Kolam Baru Tanpa Penghuni
Banyak pemelihara Koi yang tak menyadari bahwa mikroorganisma atau bakteri juga perlu makanan untuk dapat hidup dan berkembang biak. Makanan bakteri adalah Ammonia yang berasal dari kotoran Koi yang dan juga sisa sisa makanan serta bahan organik lainnya.
Oleh karena itu, jika kolam anda dalam keadaan kosong, dalam arti tak ada seekor Koipun yang dipelihara, maka bakteri juga akan sulit tumbuh dan bekembang biak.
Dengan demikian, pada kolam baru jangan dibiarkan kosong. Masukkan saja beberapa ekor Koi dalam rangka uji coba sekaligus untuk memberi kesempatan pada bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak. Berilah pakan secukupnya pada Koi di kolam baru agar proses filter biologi dapat berjalan.

2. Salah Penempatan
Bactery Starter harus ditempatkan di ruang filter dan bukan di dalam kolam. Sebab bakteri memerlukan tempat untuk berlindung dan berkembang biak yaitu di antara rongga media di ruang filter.

3. Cara Penggunaan
Menuangkan Bactery Starter sekaligus mengakibatkan banyak bakteri yang terbuang sia-sia. Lebih baik menuangkan sedikit demi sedikit secara teratur, misalnya setiap hari atau seminggu sekali, sehingga semua bakteri dapat hidup dan bertahan di dalam ruang filter.
Jika ruang filter terlalu sempit, maka penggunaan Bactery Starter kurang efektif sebab bakteri perlu ruang yang cukup untuk berkembang biak. Namun demikian bisa disiasati dengan mengganti media bioball dengan Bacteria House atau Crystal Bio.
Memang harganya jauh lebih mahal, namun kapasitas untuk menampung bakteri juga jauh lebih besar. Bactery Starter lebih efektif digunakan untuk menambah bakteri karena adanya penambahan Koi yang dipelihara sedangkan kapasitas ruang filter tetap.
Blog Post Lainnya
7 Kesalahan Pemula saat Karantina KoiKarantina adalah bagian penting dalam proses pemeliharaan Koi, khususnya untuk Koi yang sedang sakit dan Koi baru. Seringkali terjadi kekeliruan yang tidak disadari oleh para pemelihara Koi sehubungan dengan poses karantina Koi yaitu antara lain : . 1. Wadah Terlalu Sempit. Kesalahan yang umum terjadi adalah penggunaan wadah yang terkesan asal-asalan saja. Kadang berupa kotak styrofoam atau sebuah ember kecil. Padahal ini adalah suatu kesalahan fatal. Mengapa? Sebab jika Koi berada di tempat yang terlalu kecil atau sempit maka bukan membuatnya tenang dan nyaman tapi malah
Media Sosial
-
@2024 PenggilaKoi Inc.