-
8 Desember 2023 9:26 pm

Mengenal Kohaku

Dari asal kata "kohaku‟ yang berarti "merah dan putih‟, Kohaku adalah salah satu varitas Koi yang selalu dibicarakan terlebih dulu dibandingkan dengan yang lainnya. Bukan hanya karena Kohaku yang diketemukan pertama kali, tetapi karena sosok Kohaku memang istimewa. Dengan hanya dua warna saja, Kohaku terkesan sangat elegan.
Justru dengan kesederhanaan warna yang ada pada punggungnya, maka Kohaku tampak kontras bila berada di antara kerumunan Koi lainnya. Oleh sebab itulah maka di dunia Koi terdapat perumpamaan “Keeping Koi Begins And Ends With The Kohaku”

Pada pandangan pertama, orang akan lebih tertarik pada kecantikan Kohaku. Setelah itu barulah melirik varitas lainnya seperti Showa, Sanke, Ogon dll. Namun pada akhirnya, para pecinta Koi yang sudah bertahuntahun memelihara Koi, pilihan mereka akan kembali jatuh kepada Kohaku sebagai Koi favoritnya.

Awal mula
Pada sekitar tahun 1820, ikan karper yang berwarna merah dan putih diketemukan di Jepang. Melalui proses mutasi, Koi yang berwarna merah dilehernya kala itu dikenal dengan "Hookazuki‟ ("Kazuku‟ yang artinya "keluarga‟) dari induk ikan karper hitam. Kemudian Koi berwarna putih lahir dari Hookazuki. Koi putih tersebut kemudian dikawinkan dengan Koi yang berwarna merah (Higoi). Dari perkawinan tersebut lahirlah Koi putih dengan bercak warna merah di perutnya yang disebut "Haraka‟ (Red Belly). "Hara‟ artinya "datar‟ dan "Aka‟ yang artinya "merah‟. Kemudian dihasilkan pula Koi dengan bercak warna merah di penutup insang (pipi) yaitu "Hoo Aka‟ (Red Cheeks/pipi merah) atau dikenal dengan "Era Hi‟ (Red Gill). "Hi‟ artinya "merah api‟.

Pada era dinasti Meiji, Kohaku telah menyebar ke seluruh penjuru Yamakoshi (sekarang Niigata) untuk dibudidayakan. Oleh seorang petani Koi, Gosuke (nama sebenarnya Kunizo Hiroi) dari desa Utogi (bagian dari kota Ojiya sekarang), Kohaku modern telah diternakkan dari perkawinan antara Koi jantan dengan pola warna merah berbentuk seperti bunga-bunga dengan Koi betina yang memiliki pola warna merah di kepalanya. Kohaku dengan pola warna merah yang baik, terus dikembangkan oleh Yagozen dan Buheita.


Blog Post Lainnya
Media Sosial
-
@2024 PenggilaKoi Inc.